Kamis, 01 April 2010

Perangkat Keras Komputer

Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Jenis-jenis Perangkat keras antara lain:
-Motherboard
-Processor
-Ram(memory)
-Hardisk
-Vga(Video Graphic Adapter)

Motherboard
Papan induk (motherboard) adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo. Tanpa Motherboard komputer tidak akan bisa beroperasi karena komponen2 tidak bisa disatukan. Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.

contoh motherboard:


Processor
Processor adalah bagian inti terpenting dari sebuah komputer, karena kecepatan kinerja komputer tergantung dari kecepatan kinerja processornya. karena merupakan bagian terpenting, orang sering menyebutnya sebagai otak komputer karena memang fungsi processor sama seperti fungsi otak pada mausia. Processor dibuat oleh perusahaan2 seperti AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. namun dunia processor di Indonesia saat ini hanya dikuasai oleh intel dan AMD. processor sendiri terbagi dari 3 bagian yaitu:
* Aritcmatics Logical Unit (ALU)
* Control Unit (CU)
* Memory Unit (MU)

Contoh Processor:


RAM
Random Acces Memory adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk menyimpan data dalam komputer, jenis ram berbagai macam diantaranya:
* SRAM atau Static RAM
* NV-RAM atau Non-Volatile RAM
* DRAM atau Dynamic RAM
sekarang jenis ram yang umum digunakan adalah ddr2, namun ddr3 sudah mulai digunakan karena harganya yang relatif murah dan kemampuan yang lebih hebat.

Contoh RAM:


Hardisk
Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan. Head inilah yang selanjut bergerak mencari sector-sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya. Waktu yang diperlukan untuk mencari sector disebut seek time. Setelah menemukan sector yang diinginkan, maka head akan berputar untuk mencari track. Waktu yang diperlukan untuk mencari track ini dinamakan latency.

Contoh hardisk:


VGA
VGA, singkatan dari Video Graphics Adapter, adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.

Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.

Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA.

Contoh VGA:



sumber:
wikipedia.com
http://dedenthea.wordpress.com/2007/08/14/mengenal-teknologi-hard-disk/
http://babesajabu.wordpress.com/2009/06/17/pengertian-dan-jenis-processor/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar