Senin, 11 Januari 2010

PROFESI DIBIDANG TEKNOLOGI INFORMASI

Pada era Teknologi Informasi seperti sekarang ini, tentunya akan sangat banyak orang-orang yang belajar TI. Dan tentunya juga akan banyak bermunculan profesi-profesi yang berhubungan dengan TI, diantaranya adalah Programer, Web Designer, Web Programer, dll mereka bisa disebut sebagai Sistem Analis.


Profesi Di bidang TI Sebagai Profesi
Julius Hermawan (2003), mencatat dua karakteristik yang dimiliki oleh Software Engineer sehingga pekerjaan tersebut layak disebut sebuah profesi. Dua karakteristik tersebut adalah kompentensi dan adanya tanggung jawab pribadi. Kedua komponen yang dimaksud adalah pertama, suatu sifat yang selalu menuntut suatu profesional Software Engineer untuk memperdalam dan memperbaharui pengetahuan dan ketrampilannya sesuai ketentuan profesinya. Karena seorang programer dituntut untuk terus maju karena teknologi tentunya juga semakin hari semakin maju. Yang kedua adalah tanggung jawab pribadi, yaitu kesadaran orang tsb untuk menjadikan profesinya sebagai tanggung jawab pribadi nya sendiri.


Pekerjaan Di bidang TI Standar Pemerintah
Mengingat teknologi adalah hal yang penting didalam pembangunan sebuah bangsa dan negara maka dalam hal inipun pemerintah memasang standar tersendiri dibidang TI bagi pegawainya. PNS yang bekerja dibidang TI disebut Pranata Komputer, Pranata Komputer adalah pegawai negri sipil yang diberi tugas untuk membuat, mengatur dan mengembangkan sistem dan program-program komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar